Cara Offload App di iPhone agar Tidak Lag

1. Apa itu Offload App?

Offload app adalah fitur di iPhone yang memungkinkan kamu menghapus aplikasi yang sudah tidak sering digunakan. Namun data dari aplikasi tersebut masih tersimpan di iPhone kamu. Jadi, ketika kamu ingin menggunakan aplikasi itu lagi, kamu tidak perlu mengunduhnya dari App Store lagi.

Tapi bagaimana dengan data yang tersimpan? Kamu tidak perlu khawatir, data-data tersebut akan disimpan di iCloud dan tidak memakan ruang penyimpanan iPhone kamu. Jadi, kamu tetap dapat mempertahankan data dari aplikasi yang sudah tidak digunakan itu.

Fitur offload app ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang memiliki iPhone dengan kapasitas memori yang tidak begitu besar atau bagi mereka yang ingin mempertahankan performa iPhone agar tetap optimal.

2. Cara Offload App di iPhone

Untuk mengaktifkan fitur offload app di iPhone kamu, kamu cukup masuk ke menu Settings > General > iPhone Storage. Di sana akan muncul daftar aplikasi beserta ukuran data yang digunakan.

Kamu bisa memilih aplikasi mana yang ingin kamu offload dengan menekan aplikasi tersebut. Setelah itu, klik tombol Offload App. iPhone kamu akan menghapus aplikasi tersebut, tapi data dari aplikasi tersebut tetap tersimpan di iCloud.

Kamu juga bisa menggunakan fitur Auto Delete Old Conversations yang berada di bawah menu Messages untuk menghapus percakapan lama pada aplikasi Messages yang lebih dari 30 hari.

3. Cara Mengembalikan Aplikasi yang Sudah di Offload

Bagaimana cara mengembalikan aplikasi yang sudah di offload? Kamu bisa masuk ke App Store dan mencari aplikasi yang ingin kamu instal kembali, kemudian klik tombol Download.

Atau, kamu juga bisa mencari aplikasi tersebut di menu Settings > General > iPhone Storage dan klik tombol Reinstall App.

Jika kamu ingin mengembalikan data aplikasi tersebut, kamu bisa masuk ke aplikasi itu dan data akan terunduh secara otomatis dari iCloud.

4. Kesimpulan

Dengan fitur offload app, kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak sering digunakan untuk mempertahankan performa iPhone kamu agar tetap optimal. Data dari aplikasi tersebut tetap tersimpan di iCloud sehingga kamu masih bisa mengaksesnya kembali tanpa harus mengunduh dari App Store lagi. Kamu pun bisa mengaktifkan fitur Auto Delete Old Conversations untuk menghapus percakapan lama pada aplikasi Messages. Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur offload app di iPhone kamu ya!