Syarat Apply Visa Student Australia: Apa Saja yang Perlu Kamu Persiapkan?

Pilihan Program Kuliah dan Institusi

Sebelum apply visa student Australia, kamu harus memilih program kuliah yang ingin diambil dan institusi yang akan kamu pilih. Pastikan program kuliah yang dipilih sesuai dengan minat dan bakat kamu, serta institusi yang dipilih memiliki akreditasi yang terpercaya. Institusi yang disarankan oleh pemerintah Australia untuk program studi internasional adalah yang terdaftar di situs CRICOS.

Sebaiknya kamu juga mengecek kelayakan program studi dan institusi yang dipilih dengan membandingkan antara biaya kuliah, fasilitas, dan kualitas program studi dan institusi lain di Australia.

Setelah memilih program studi dan institusi yang tepat, kamu bisa mengajukan permohonan visa student melalui situs resmi Departemen Imigrasi dan Proteksi Perbatasan Australia (DIBP).

Syarat Dokumen untuk Apply Visa Student Australia

Beberapa dokumen yang diperlukan untuk apply visa student Australia di antaranya adalah:

Paspor yang masih berlaku, foto diri, dan hasil tes kesehatan. Kamu juga harus menunjukkan bukti pembayaran biaya kuliah dan biaya hidup selama di Australia. Selain itu, kamu juga perlu menyerahkan sertifikat bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL. Namun, beberapa institusi juga menerima sertifikat bahasa Inggris dari institusi di Indonesia seperti EAP atau ELTI.

Terkait visa, kamu harus mengisi formulir online dan membayar biaya aplikasi visa. Selain itu, kamu juga harus menunjukkan surat jaminan keuangan yang menunjukkan bahwa kamu memiliki dana yang cukup untuk menunjang hidup di Australia selama masa studi.

Jangka Waktu Visa Student Australia

Visa student Australia memiliki jangka waktu yang ditentukan sesuai dengan program studi yang diambil. Untuk program studi kurang dari 3 bulan, kamu bisa apply visa visitor atau visa bisnis. Namun, untuk program studi lebih dari 3 bulan, kamu harus apply visa student. Visa student Australia umumnya berlaku selama masa studi dan memberikan hak tinggal selama 4 tahun. Kamu juga bisa memperpanjang visa student Australia jika ingin melanjutkan studi di program yang sama atau lainnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa syarat apply visa student Australia yang perlu kamu persiapkan. Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah dipenuhi dengan tepat sebelum mengajukan permohonan visa. Selamat mencoba!