Cara Cek APK Pinjol yang Terdaftar OJK

1. Apa itu APK Pinjol?

APK Pinjol atau Aplikasi Pinjaman Online adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk memudahkan peminjam dalam mengajukan pinjaman secara online. Saat ini, banyak sekali APK Pinjol yang bermunculan di Indonesia. Namun, tidak semua APK Pinjol di Indonesia terdaftar di OJK.

OJK sendiri adalah Otoritas Jasa Keuangan yang bertugas mengawasi lembaga keuangan seperti bank, asuransi, dan juga pinjaman online. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengecek apakah APK Pinjol yang akan kita gunakan sudah terdaftar di OJK atau tidak.

Berikut ini adalah cara untuk mengecek APK Pinjol yang terdaftar di OJK.

2. Mengecek APK Pinjol di Website OJK

Cara yang pertama adalah dengan mengecek APK Pinjol yang terdaftar di OJK melalui website resmi OJK. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengunjungi website ojk.go.id dan memilih menu ‘Daftar Fintech Terdaftar dan Izin Fintech’.

Setelah itu, kita tinggal mencari APK Pinjol yang ingin kita cek dengan menggunakan fitur pencarian yang ada di website tersebut. Jika APK Pinjol tersebut terdaftar di OJK, maka akan muncul pada hasil pencarian.

Hal ini juga sangat penting untuk dilakukan agar kita tidak terjebak dengan APK Pinjol ilegal yang dapat membahayakan kita.

3. Mengecek APK Pinjol di Aplikasi OJKTRA

Selain melalui website, OJK juga menyediakan sebuah aplikasi yang bernama OJKTRA yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengecek apakah APK Pinjol yang akan kita gunakan terdaftar di OJK atau tidak.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, kita tinggal membuka aplikasi OJKTRA dan memilih menu ‘Daftar Fintech Terdaftar dan Izin Fintech’. Setelah itu, kita tinggal mencari APK Pinjol yang ingin kita cek dengan menggunakan fitur pencarian yang ada di aplikasi tersebut.

Jika APK Pinjol tersebut terdaftar di OJK, maka akan muncul pada hasil pencarian. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa dengan mudah mengecek APK Pinjol yang terdaftar di OJK.

4. Kesimpulan

Dengan mengecek APK Pinjol yang terdaftar di OJK, kita bisa memastikan bahwa APK Pinjol yang kita gunakan aman dan legal. Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk mengecek APK Pinjol, yaitu melalui website resmi OJK dan juga aplikasi OJKTRA.

Jangan sampai terjebak dengan APK Pinjol ilegal yang bisa membahayakan kita. Sebagai konsumen yang cerdas, kita harus selalu memeriksa hal-hal yang berkaitan dengan keuangan kita.