Hosting ASP.NET Web API di Windows 7: Tips & Trik

1. Apa itu Hosting ASP.NET Web API di Windows 7?

Hosting merupakan sebuah istilah yang sering muncul di dunia IT. Pada intinya, hosting merupakan sebuah kegiatan memindahkan atau menempatkan file, aplikasi, atau website ke dalam sebuah server yang dapat diakses secara online. Namun, di dalam dunia programming, hosting memiliki arti yang sedikit berbeda dan lebih spesifik lagi yaitu dalam konteks ASP.NET Web API. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara melakukan hosting ASP.NET Web API di Windows 7.

2. Kenapa perlu melakukan Hosting ASP.NET Web API di Windows 7?

Sebagai seorang programmer, tentu kita membutuhkan sebuah environment yang dapat digunakan untuk mencoba dan menjalankan aplikasi yang telah kita buat. Hosting ASP.NET Web API di Windows 7 merupakan salah satu cara untuk melakukan hal tersebut. Selain itu, penggunaan Windows 7 sebagai server hosting dapat menjadi solusi bagi kita yang masih belum memiliki budget untuk menyewa server hosting online.

3. Persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan Hosting ASP.NET Web API di Windows 7

Sebelum kita melakukan hosting, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan hosting ASP.NET Web API di Windows 7 adalah sebagai berikut:

  • OS Windows 7 Ultimate/Professional/Enterprise
  • .NET Framework 4.5
  • Web Server IIS
  • Web Deploy 3.6

4. Langkah-langkah untuk melakukan Hosting ASP.NET Web API di Windows 7

Setelah memastikan semua persyaratan telah dipenuhi, langkah selanjutnya adalah melakukan hosting ASP.NET Web API di Windows 7. Adapun langkah-langkahnya seperti berikut:

a. Aktifkan IIS pada Windows 7

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan IIS pada Windows 7. Buka menu Start, pilih Control Panel, lalu klik Programs and Features. Klik Turn Windows features on or off. Pada pilihan Internet Information Services, centang semua pilihan yang ada, lalu klik OK.

b. Download dan Install Web Deploy 3.6

Download dan install Web Deploy 3.6 pada komputer Windows 7. Pastikan untuk memilih opsi “Custom” dan meng-install “Web Deploy 3.6 for Hosting Servers” dan “Web Deploy 3.6 for Remote Services”.

c. Buat Website Baru pada IIS

Buka Internet Information Services (IIS) Manager. Klik kanan pada layar “Connections”, lalu pilih “Add website”. Isikan nama website, path direktori, port, dan host name. Lalu, klik OK.

d. Deploy aplikasi ASP.NET Web API pada IIS

Buka Visual Studio dan buka project ASP.NET Web API yang ingin di-deploy. Klik kanan pada project, lalu pilih “Publish”. Pilih opsi “Web Deploy”, lalu klik “Publish”. Masukan detail server seperti URL, username, dan password. Lalu, klik “Next” dan tunggu hingga proses deploy selesai.

e. Cek hasil hosting pada browser

Buka browser dan cek apakah aplikasi ASP.NET Web API telah berhasil di-hosting pada Windows 7.

5. Kesimpulan

Hosting ASP.NET Web API di Windows 7 memang membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, dapat membantu kita dalam membuat environment yang dapat digunakan untuk mencoba dan menjalankan aplikasi yang telah kita buat. Selamat mencoba!