Cara Mudah Blockir Program dengan Firewall

Firewall adalah salah satu fitur yang sangat penting untuk menjaga keamanan komputer kita. Firewall berfungsi untuk memfilter dan memblokir akses program yang mencoba untuk terhubung ke internet. Aplikasi atau program yang sudah terinfeksi malware juga dapat diblokir menggunakan firewall. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mudah untuk memblokir program dengan menggunakan firewall.

Cara Aktifkan Firewall

Sebelum kita melakukan block program dengan firewall, kita harus memastikan bahwa firewall sudah diaktifkan di komputer kita. Untuk melakukan hal ini, cari menu “Windows Defender Firewall” pada komputer anda. Jika firewall belum aktif, klik “Turn on Windows Defender Firewall”.

Setelah firewall aktif, kita dapat mulai memblokir program yang tidak kita inginkan. Tapi ingat, pastikan bahwa program tersebut memang benar-benar tidak diperlukan karena memblokir program yang penting dapat menyebabkan masalah pada komputer kita.

Cara Memblokir Program dengan Firewall

Untuk memblokir program dengan firewall, pertama-tama kita perlu mengetahui path dari file program tersebut. Setelah mengetahui path dari program tersebut, buka Windows Defender Firewall kembali dan klik “Advanced settings” pada panel samping.

Pada jendela baru yang muncul, klik “Outbound Rules” pada panel samping dan kemudian klik “New Rule” pada panel tindakan. Pilih “Program” dan klik “Next”. Setelah itu, klik “Browse” untuk mencari file program yang ingin kita blokir.

Setelah file program ditemukan, klik “Next” dan pilih “Block the connection”. Lanjutkan dengan klik “Next” dan centang “Domain”, “Private”, dan “Public” pada pilihan profile. Beri nama pada rule yang sudah dibuat dan klik “Finish”.

Penutup

Demikianlah cara mudah memblokir program dengan firewall. Ingatlah bahwa memblokir program yang penting dapat menyebabkan masalah pada komputer kita. Pastikan bahwa kita hanya memblokir program yang memang benar-benar tidak diperlukan.