Cara Block Iklan di Aplikasi Android

Mulai dari Pengertian Ad Blocker

Seiring berkembangnya teknologi, iklan dalam aplikasi atau website menjadi semakin mengganggu dan menguras baterai. Bagi sebagian orang, iklan itu sangat menjengkelkan dan mengganggu kenyamanan dalam penggunaan gadget. Untuk mengatasi hal ini, munculah ad blocker. Ad blocker adalah aplikasi atau extension pada sebuah browser yang berfungsi untuk memblokir iklan yang muncul, baik itu video maupun banner iklan yang ada pada aplikasi atau situs web.

Saat ini, ad blocker telah banyak tersedia dan mudah untuk digunakan. Ada yang tersedia secara gratis, ada juga yang berbayar. Aplikasi ad blocker pada umumnya dapat digunakan pada berbagai platform, salah satunya adalah pada sistem operasi android.

Langkah-langkah Block Iklan pada Aplikasi Android

Menggunakan ad blocker pada android memang sangat membantu dalam memblokir iklan-iklan yang mengganggu. Namun, beberapa aplikasi atau situs web mungkin tidak kompatibel dengan ad blocker. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memblokir iklan pada aplikasi android:

Pertama, unduh aplikasi ad blocker pada Play Store seperti AdGuard atau Blokada. Kemudian, instal aplikasi tersebut pada perangkat android.

Kedua, setelah terpasang, aktifkan ad blocker tersebut. Pada aplikasi AdGuard, blokir seluruh jaringan atau aktifkan “DNS filtering” untuk memblokir iklan. Sedangkan pada aplikasi Blokada, aktifkan “Blockada DNS” untuk memblokir iklan.

Ketiga, jika masih ada iklan yang muncul pada aplikasi tertentu, maka blokir iklan secara manual. Pada aplikasi AdGuard, klik pada ikon AdBlocker dan pilih “Block ads on this app”. Sedangkan pada aplikasi Blokada, klik pada ikon “block list” dan pilih aplikasi mana yang ingin diblokir iklannya.

Kesimpulan

Dengan menggunakan ad blocker pada aplikasi android, pengguna dapat terhindar dari iklan yang mengganggu. Namun, pengguna harus tetap berhati-hati saat menggunakan ad blocker jika ingin tetap mendukung konten-konten yang gratis pada situs web atau aplikasi.