Cara Force Close Aplikasi di Macbook: Tips Praktis Untuk Mengatasi Masalah Aplikasi Yang Tidak Merespon

1. Menggunakan Shortcuts Keyboard

Macbook memiliki beberapa shortcuts keyboard yang dapat membantu Anda untuk force close aplikasi dengan cepat. Yang pertama adalah kombinasi tombol Command + Option + Esc. Setelah menekan kombinasi itu, Anda akan melihat jendela “Force Quit Applications” muncul di depan Anda. Anda tinggal memilih aplikasi yang ingin Anda tutup, lalu klik tombol Force Quit.

Shortcuts keyboard lain yang dapat Anda gunakan adalah Command + Shift + Option + Esc. Ketika Anda menggunakan kombinasi ini, Macbook akan langsung menutup aplikasi yang sedang merespon.

Tips: Ada baiknya Anda mengingat kombinasi keyboard yang digunakan agar cepat dan mudah dalam melakukan force close aplikasi.

2. Menggunakan Aktivitas Monitor

Jika Anda merasa bahwa salah satu aplikasi Anda memakan terlalu banyak memori, Anda dapat menggunakan Aktivitas Monitor untuk memantau aplikasi tersebut dan menutupnya ketika perlu.

Pertama, buka Aktivitas Monitor melalui folder Utility di Launchpad atau dengan mencarinya di Spotlight. Setelah dibuka, Anda bisa memantau berapa banyak memori yang digunakan oleh setiap aplikasi dengan melihat kolom RAM. Jika ada aplikasi yang memakan terlalu banyak memori dan membuat sistem Anda lambat, Anda dapat klik aplikasi tersebut, lalu klik tombol Quit Process.

Tips: Aktivitas Monitor juga dapat membantu Anda menemukan aplikasi yang menyebabkan masalah pada sistem Anda, seperti terus menerus berhenti merespon atau “hang”.

3. Melalui Finder

Jika Anda tidak ingin menggunakan keyboard shortcuts atau Aktivitas Monitor, cara lain untuk force close aplikasi di Macbook adalah menggunakan Finder. Pertama, klik pojok kiri atas layar untuk membuka “Go” menu, lalu pilih “Utilities”. Setelah itu, buka “Activity Monitor” seperti pada langkah sebelumnya.

Jika Anda sudah membuka Aktivitas Monitor, cari aplikasi yang ingin Anda tutup, lalu klik tanda X merah di pojok kiri atas jendela. Ini akan menampilkan jendela konfirmasi; klik “Force Quit” untuk menutup aplikasi tersebut.

Tips: Ini adalah cara yang paling panjang untuk force close aplikasi, namun tetap dapat membantu ketika cara lain tidak berhasil.

Kesimpulan

Meskipun tidak sering terjadi, terkadang aplikasi di Macbook bisa terus menerus berhenti merespon atau mengalami masalah lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan beberapa cara seperti shortcuts keyboard, Aktivitas Monitor, atau melalui Finder. Dengan mengetahui cara force close aplikasi di Macbook, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan mudah.