Bagaimana Cara Mengirim Aplikasi Lewat WA?

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WA

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia. Selain untuk bersosialisasi dengan teman dan keluarga, WhatsApp juga bisa digunakan untuk mengirim dan menerima aplikasi. Jika kamu ingin membagikan aplikasi favoritmu dengan teman atau keluarga melalui WhatsApp, ikuti panduan berikut ini.

Pertama, pastikan aplikasi yang ingin kamu bagikan sudah terpasang di smartphone kamu. Kemudian, buka WhatsApp dan cari kontak yang ingin kamu kirimkan aplikasi. Setelah itu, klik ikon attachment (paperclip) dan pilih opsi “Document”. Cari aplikasi yang ingin kamu kirimkan dan klik “Send”.

Setelah aplikasi terkirim, pastikan teman atau keluarga kamu sudah mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Jika belum, kamu bisa memberi tahu mereka untuk mengaktifkan opsi “Unknown Sources” di pengaturan perangkat mereka. Kemudian, minta mereka untuk membuka file aplikasi yang kamu kirim dan mengikuti langkah-langkah instalasi yang diberikan.

Mempercepat Pengiriman Aplikasi Lewat WA

Jika kamu ingin mempercepat proses pengiriman aplikasi lewat WhatsApp, kamu bisa menggunakan aplikasi “Shareit” atau “Xender”. Kedua aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengirim file dan aplikasi dengan cepat tanpa harus tergantung pada koneksi internet yang lambat.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu perlu mengunduhnya dari Google Playstore dan memasangnya di smartphone kamu dan teman yang menerima file aplikasi. Setelah itu, buka aplikasi tersebut, pilih file aplikasi yang ingin dikirim, dan klik “Send”. Aplikasi akan langsung terkirim ke perangkat tujuan dalam hitungan detik.

Meskipun aplikasi “Shareit” dan “Xender” lebih cepat daripada menggunakan WhatsApp, tetap pastikan file dan aplikasi yang kamu kirimkan aman dan terpercaya. Jangan mengirimkan file atau aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Simpan Aplikasi di Google Drive

Jika kamu ingin berbagi aplikasi dengan orang banyak, kamu bisa menyimpan aplikasi tersebut di Google Drive dan memberi akses kepada teman atau keluarga yang ingin mengunduh aplikasi. Caranya cukup mudah, pertama kamu harus memastikan aplikasi yang ingin kamu bagikan sudah diupload ke Google Drive.

Setelah itu, buka Google Drive dan temukan file aplikasi yang ingin kamu share. Klik kanan file aplikasi tersebut kemudian pilih opsi “Get Shareable Link”. Setelah itu, kamu bisa mengirimkan link tersebut kepada teman atau keluarga kamu melalui WhatsApp atau media sosial lainnya.

Setelah teman atau keluarga kamu mengklik link tersebut, mereka akan diarahkan ke halaman Google Drive. Kemudian, mereka bisa mengunduh aplikasi tersebut dengan mengklik ikon “Download”. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat waktu dan memudahkan temanmu untuk mengunduh aplikasi tanpa perlu mengirim file satu per satu melalui WhatsApp.

Kesimpulan

Dengan WhatsApp, kamu bisa dengan mudah mengirimkan aplikasi ke teman atau keluarga. Jika kamu ingin mempercepat pengiriman aplikasi, gunakan aplikasi “Shareit” atau “Xender”. Sedangkan jika kamu ingin berbagi aplikasi dengan orang banyak, kamu bisa menyimpan aplikasi di Google Drive dan berikan link shareable ke orang yang ingin mengunduh aplikasi tersebut.