Cara Ambil File APK di Android

Apa itu File APK?

Sebelum membahas cara mengambil file APK di Android, kita harus tahu dulu apa itu file APK. APK singkatan dari Android Package Kit. File APK adalah format file yang digunakan oleh sistem operasi Android untuk menginstal dan mendistribusikan aplikasi ke perangkat Android. Anda bisa mengunduh file APK dari Google Play Store atau dari sumber lain yang terpercaya.

Bagaimana Cara Mengambil File APK di Android?

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengambil file APK di Android, di antaranya:

Menggunakan Aplikasi APK Extractor

Anda bisa mengambil file APK di Android dengan menggunakan aplikasi APK Extractor seperti Easy APK atau APK Extractor Pro. Cara kerjanya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi lalu memilih aplikasi yang ingin diambil filenya. Setelah itu, tekan tombol extract dan file APK akan disimpan di folder yang telah ditentukan.

Menggunakan Situs Web APK Downloader

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di ponsel Android Anda, maka Anda bisa menggunakan situs web APK Downloader. Caranya, buka situs web APK Downloader, lalu masukkan tautan Google Play Store aplikasi yang ingin diambil filenya. Setelah itu, klik tombol generate download link dan file APK akan siap diunduh.

Mengambil File APK dari Ponsel Lain

Anda juga bisa mengambil file APK dari ponsel lain yang telah menginstal aplikasi. Caranya, buka aplikasi File Manager di ponsel yang telah menginstal aplikasi, lalu cari folder Android dan cari folder data. Di dalam folder data, cari folder aplikasi yang ingin diambil filenya. Setelah itu, salin file APK dari folder tersebut dan kirim ke ponsel Anda.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengambil File APK

Saat mengambil file APK di Android, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Pastikan Sumbernya Terpercaya

Anda harus memastikan sumber file APK yang diambil terpercaya. Jangan mengambil file APK dari situs web yang tidak dikenal atau aplikasi yang tidak terpercaya. Hal ini bertujuan menghindari aplikasi yang telah dimodifikasi atau berisiko mengandung virus.

Cek Kompabilitas

Sebelum mengambil file APK, pastikan bahwa aplikasi tersebut kompatibel dengan perangkat Android Anda. Hal ini dapat menghindari terjadinya masalah ketika menginstal aplikasi.

Izinkan Instalasi dari Sumber Tidak Diketahui

Anda harus mengaktifkan opsi “izinkan instalasi dari sumber tidak diketahui” pada perangkat Android Anda untuk dapat menginstal file APK yang tidak berasal dari Google Play Store. Caranya, masuk ke pengaturan, lalu ke keamanan dan aktifkan opsi “izinkan instalasi dari sumber tidak diketahui”.