Free WordPress Hosting di Google Cloud: Simak Cara Membuatnya

1. Pengenalan WordPress dan Google Cloud

WordPress adalah sistem manajemen konten yang paling populer di dunia. Sementara itu, Google Cloud adalah layanan hosting yang sangat populer juga dan digunakan oleh banyak perusahaan besar. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara gratis menggunakan WordPress dalam layanan hosting Google Cloud.

Sebelum kita mulai, pastikan kamu sudah memiliki akun Google Cloud dan sudah mengaktifkan akun gratis. Jika belum, kamu bisa menggunakan akun gmail-mu untuk membuat akun di Google Cloud.

Setelah itu, kamu harus membuat instans (virtual machine) di Google Cloud, menggunakan WordPress image yang tersedia di market place Google Cloud.

2. Membuat Instans (Virtual Machine)

Langkah-langkah membuat instans WordPress di Google Cloud cukup mudah. Pertama, masuk ke layanan Google Cloud dan pilih “Compute Engine”. Setelah itu, klik “Create Instance” dan kamu akan dibawa ke halaman pembuatan instans.

Pilihlah sebuah lokasi server yang dekat dengan kamu dan yang memiliki harga terendah. Kemudian, pilih image WordPress yang sudah disiapkan oleh Google Cloud di bagian “Boot Disk” dan klik “Create”.

Selanjutnya, kamu harus masuk ke server melalui SSH, untuk mengkonfigurasi dan mengatur WordPress mu. Jika ini terlalu teknis, kamu bisa meminta bantuan para developer atau mengikuti tutorial di situs resmi WordPress.

3. Mengkonfigurasi WordPress

Setelah kamu berhasil masuk ke server melalui SSH, ada banyak hal yang harus kamu konfigurasi untuk menjalankan WordPress. Pertama, kamu perlu mendaftarkan domain WordPress mu dengan Google Cloud DNS atau domain registrar lainnya.

Selanjutnya, kamu harus menginstall SSL certificate, agar website mu lebih aman dan terpercaya. Setelah itu, kamu dapat menginstall plugin-plugin WordPress yang kamu perlukan, seperti SEO plugin atau plugin social media sharing.

Terakhir, kamu dapat mengatur website mu dan meng-upload konten mu ke WordPress. Dengan menggunakan hosting gratis ini, kamu bisa menghemat banyak biaya dan memulai proyek web WordPress mu dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Menggunakan WordPress di Google Cloud gratis memungkinkan kamu untuk memulai proyek web dengan biaya yang sangat rendah. Meskipun ada beberapa konfigurasi teknis yang perlu kamu lakukan, menjadi lebih mudah apabila kamu telah memahami dasar-dasarnya.