Hosting XAMPP Gratis: Apakah Ada?

Pengertian XAMPP dan Hosting

Bagi para pengguna web development pasti tidak asing dengan XAMPP. XAMPP adalah sebuah paket perangkat lunak yang digunakan untuk membuat website yang terdiri dari Apache, MySQL, PHP, dan Perl. Namun, untuk membuat website agar bisa diakses publik, seorang pengguna perlu meng-hosting website tersebut di server.

Hosting adalah layanan yang menyediakan ruang dan akses internet di server yang digunakan oleh pengguna agar web dapat diakses oleh publik. Namun, apakah ada hosting XAMPP gratis?

Jawabannya adalah tidak, karena XAMPP hanya menyediakan software lokal atau hanya dapat digunakan secara offline. Hal ini berarti Anda harus mencari penyedia jasa hosting yang mampu mendukung XAMPP agar bisa diakses secara online.

Penyedia Jasa Hosting yang Dapat Mendukung XAMPP

Ada beberapa penyedia jasa hosting yang mampu mendukung XAMPP, seperti Amazon Web Service, Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform. Namun, ketiga penyedia jasa hosting tersebut merupakan layanan berbayar yang membutuhkan biaya yang tidak murah.

Namun, ada alternatif penyedia jasa hosting lain yang mampu mendukung XAMPP secara gratis, seperti HelioHost dan InfinityFree. Kedua penyedia jasa hosting ini mampu men-support XAMPP dan memberikan layanan gratis.

Meski begitu, gratis bukan berarti tanpa batasan. Sebagai pengguna, Anda masih harus memperhatikan ketentuan dan batasan penggunaan dari masing-masing penyedia jasa hosting.

Kesimpulan

Jadi, apakah ada hosting XAMPP gratis? Secara umum, jawabannya adalah tidak, karena XAMPP hanya merupakan software lokal. Namun, masih ada beberapa penyedia jasa hosting yang dapat mendukung XAMPP dan memberikan layanan gratis, seperti HelioHost dan InfinityFree. Namun, sebagai pengguna, tetap perlu memperhatikan ketentuan dan batasan penggunaan dari masing-masing penyedia jasa hosting.