Cara Menghapus APK yang Tidak Bisa di Hapus

Apk yang Berulah

APK atau Android Package adalah format file yang digunakan untuk instalasi aplikasi di perangkat Android. Terkadang, ada beberapa aplikasi yang nakal dan membandel sehingga tidak dapat dihapus menggunakan metode biasa. Hal ini tentunya cukup menjengkelkan dan memakan ruang penyimpanan yang berharga. Apa saja aplikasi yang berulah dan sulit dihapus?

Biasanya aplikasi yang sulit dihapus adalah aplikasi bloatware seperti aplikasi bawaan pabrikan, aplikasi pre-installed oleh operator seluler, dan aplikasi dari pihak ketiga yang telah di-root. Selain itu, ada juga aplikasi yang meminta hak akses sebagai administrator dan memblokir penghapusan aplikasi tersebut.

Namun, jangan khawatir! Masih ada cara untuk menghapus aplikasi APK yang berulah. Berikut cara-caranya!

Cara Menghapus Aplikasi Pabrikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi bawaan pabrikan biasanya sulit untuk dihapus. Namun, ada cara untuk menghilangkannya. Pertama, Anda dapat mencoba untuk menonaktifkannya. Caranya, masuk ke Aplikasi & Notifikasi di Pengaturan, kemudian pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan. Lalu, klik tombol Nonaktifkan. Aplikasi tersebut tidak akan lagi berjalan di latar belakang dan tidak akan memakan ruang penyimpanan.

Jika Anda ingin benar-benar menghapus aplikasi tersebut, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pembantu seperti System App Remover dan NoBloat Free. Aplikasi tersebut dapat membantu Anda menghapus aplikasi bloatware secara permanen. Namun, pastikan untuk berhati-hati saat menggunakan aplikasi ini dan jangan menghapus aplikasi yang penting untuk sistem operasi.

Terakhir, jika Anda menginginkan sebuah solusi yang lebih permanen, Anda dapat mencoba me-root perangkat Android Anda. Dengan rooting, Anda memiliki akses penuh ke sistem operasi dan dapat menghapus aplikasi bloatware dan aplikasi pre-installed dengan mudah. Namun, rooting memerlukan beberapa risiko dan dapat membatalkan garansi perangkat Anda.

Cara Menghapus Aplikasi Administrator

Aplikasi yang meminta hak akses sebagai administrator dapat memblokir penghapusan aplikasi tersebut. Namun, masih ada cara untuk menghapusnya. Pertama, buka aplikasi Pengaturan dan masuk ke Keamanan. Kemudian, pilih Administrator Perangkat dan hapus hak akses aplikasi yang ingin dihapus. Setelah itu, coba untuk menghapus aplikasi secara normal. Jika masih tidak bisa dihapus, cobalah untuk boot ke Safe Mode. Caranya, tahan tombol Power sampai muncul menu, kemudian tekan dan tahan tombol Power Off. Pilih Safe Mode dan tunggu perangkat Anda merestart. Setelah masuk ke Safe Mode, coba untuk hapus aplikasi yang ingin dihapus.

Jika cara tersebut masih tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi seperti Perfect Uninstaller dan Easy Uninstaller. Aplikasi tersebut dapat membantu menghapus aplikasi administrator dan aplikasi bloatware dengan mudah.

Itulah beberapa cara untuk menghapus aplikasi APK yang berulah. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Dengan beberapa diantaranya tidak dapat dihapus menggunakan metode biasa, mencari cara hapus apk yang sulit dihapus menjadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Namun, dengan menonaktifkan, menggunakan aplikasi pembantu, hingga me-root perangkat Android, semuanya masih bisa diselesaikan. Jadi, jangan khawatir jika Anda menemukan aplikasi APK yang membandel dan sulit dihapus. Coba salah satu cara di atas dan hapus aplikasi tersebut dengan mudah!