Cara Masak Ikan Asap Cabe Hijau Buat Santai Harianmu

1. Persiapan Bahan

Sebelum memasak, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Siapkan ikan asap sebanyak yang diinginkan, cabe hijau, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, sereh, air jeruk nipis, gula, garam, dan minyak goreng.

Bila tidak suka terlalu pedas, bisa mengurangi jumlah cabe hijau yang digunakan. Selain itu, pastikan ikan asap yang digunakan memiliki kualitas yang bagus agar hasil masakan lebih enak.

Setelah semua bahan siap, cuci bersih ikan asap dan belah menjadi 2 bagian, lalu pipihkan menggunakan ulekan agar bumbu meresap lebih merata.

2. Membuat Bumbu Halus

Untuk menghasilkan cita rasa yang nikmat, bumbu halus ini sangat penting. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabe hijau dengan blender atau ulekan hingga halus. Jangan lupa tambahkan daun jeruk dan serai yang sudah diiris halus saat mengulek.

Setelah bumbu halus siap, tumis di atas wajan dengan sedikit minyak hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan gula dan garam secukupnya untuk menambah rasa masakan.

Setelah itu, tambahkan air jeruk nipis agar citarasa masakan semakin nikmat. Tunggu hingga bumbu tercampur merata, lalu angkat dari wajan dan sisihkan terlebih dahulu.

3. Proses Memasak

Panaskan minyak goreng di atas wajan, lalu masukkan ikan asap yang sudah dipipihkan ke dalam wajan. Goreng hingga keemasan dan matang di kedua sisinya. Jangan lupa gunakan api sedang agar proses penggorengan ikan asap lebih merata dan tidak terbakar.

Setelah ikan matang, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wajan dan aduk rata hingga ikan terbalur merata oleh bumbu. Tunggu sebentar hingga masakan meresap, lalu angkat dan sajikan di atas piring.

Untuk menyajikannya, bisa diberi taburan bawang goreng atau seledri untuk memperindah penampilannya. Ikan asap cabe hijau siap dinikmati! Selamat mencoba!

Selamat Mencoba!