Cara Setting Localhost IIS Hosting

Ketika kita ingin membuat website, salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah tempat penyimpanan file website yang akan kita buat. Salah satu cara untuk menyimpan file website adalah dengan menggunakan localhost IIS hosting. Berikut ini adalah cara untuk melakukan setting localhost IIS hosting.

Step 1: Install IIS

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall IIS terlebih dahulu. IIS (Internet Information Services) adalah server web yang dibuat oleh Microsoft dan digunakan untuk meng-host website. Jika kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa menginstall IIS dengan cara membuka Control Panel, lalu pilih Programs and Features, kemudian klik Turn Windows features on or off. Setelah itu, cari Internet Information Services dan pastikan kotaknya sudah dicentang.

Setelah proses instalasi selesai, kamu bisa membuka IIS dengan cara mengetikkan “inetmgr” di Run. Kemudian, klik kanan pada nama server kamu dan pilih Add Website. Isilah form yang muncul dengan nama website, path file website, dan port yang akan kamu gunakan.

Step 2: Konfigurasi Website

Setelah kamu berhasil menambahkan website kamu di IIS, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi untuk website tersebut. Pertama, kamu harus memastikan bahwa folder yang berisi file website sudah diberi akses untuk user IUSR dan IIS_IUSRS. Kamu bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada folder tersebut, lalu pilih Properties dan pilih tab Security. Kemudian, tambahkan user IUSR dan IIS_IUSRS dengan memberikan Full Control pada folder tersebut.

Selanjutnya, kamu bisa melakukan konfigurasi untuk website kamu di IIS Manager. Klik kanan pada website kamu dan pilih Edit Bindings. Pada form yang muncul, pastikan bahwa port yang digunakan sudah sesuai dengan port yang kamu gunakan saat menambahkan website di IIS. Jika kamu menggunakan port selain port 80, kamu juga harus menambahkan port tersebut pada Windows Firewall.

Step 3: Testing Website

Setelah melakukan konfigurasi untuk website kamu, langkah terakhir adalah melakukan testing untuk website tersebut. Kamu bisa membuka browser dan mengetikkan “localhost:[port]” pada address bar. Jika website kamu sudah berhasil dihosting di localhost IIS, maka website kamu akan muncul di browser.

Demikianlah cara untuk melakukan setting localhost IIS hosting. Dengan menggunakan IIS, kamu bisa dengan mudah meng-host website kamu di komputer lokal dan melakukan testing sebelum website tersebut di-deploy ke server. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Setting localhost IIS hosting tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menginstall IIS, menambahkan website kamu di IIS, melakukan konfigurasi untuk website tersebut, dan melakukan testing untuk website tersebut. Dengan menggunakan IIS, kamu bisa dengan mudah meng-host website kamu di komputer lokal dan melakukan testing sebelum website tersebut di-deploy ke server.