Cara Flash HP Oppo R7s: Solusi Praktis untuk Mengatasi Masalah Pada Sistem Operasi

Meskipun HP Oppo R7s merupakan salah satu smartphone terbaik dan terbaru yang dirilis oleh vendor Oppo, setiap perangkat Android tetap memiliki masalah pada sistem operasinya. Masalah seperti tidak bisa masuk ke menu utama, aplikasi yang sering berhenti, atau kinerja yang lambat bisa terjadi pada HP Oppo R7s. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena solusinya cukup mudah, yaitu dengan melakukan proses flash. Berikut adalah cara flash HP Oppo R7s yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Persiapan

Sebelum mulai melakukan proses flash, pastikan Anda sudah melakukan backup data penting di HP Oppo R7s karena proses flash akan menghapus semua data di dalamnya. Selain itu, smartphone Anda juga harus memiliki daya baterai minimal 50% untuk menghindari terputusnya proses flash karena baterai habis.

Selanjutnya, Anda perlu mengunduh file firmware Oppo R7s terbaru dari situs resmi Oppo di komputer atau laptop Anda. Pastikan file firmware yang Anda unduh sesuai dengan seri HP Oppo R7s Anda. Setelah berhasil mengunduh, ekstrak file tersebut ke dalam folder khusus di komputer atau laptop Anda.

Terakhir, pastikan Anda sudah menginstal driver USB Oppo di komputer atau laptop Anda dan kabel data yang baik terhubung ke HP Oppo R7s dan komputer atau laptop Anda.

2. Langkah-Langkah Flash HP Oppo R7s

Setelah semua persiapan di atas sudah dilakukan, langkah berikutnya adalah melakukan proses flash HP Oppo R7s. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Matikan HP Oppo R7s dan hubungkan ke komputer atau laptop Anda dengan kabel data.

Langkah 2: Masuk ke mode Download pada HP Oppo R7s dengan cara tekan tombol power dan volume atas secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul logo Oppo pada layar.

Langkah 3: Setelah masuk ke mode Download, buka folder tempat Anda menyimpan file firmware Oppo R7s terbaru dan buka aplikasi SP Flash Tool.

Langkah 4: Di aplikasi SP Flash Tool, klik Scatter-loading dan cari file scatter firmware Oppo R7s yang sudah Anda unduh dan ekstrak sebelumnya.

Langkah 5: Setelah berhasil memasukkan scatter file, pilih Download Only dan klik Download di aplikasi SP Flash Tool.

Langkah 6: Tunggu sampai proses flash selesai. Biasanya, proses ini akan menghabiskan waktu kurang lebih 5 menit.

Setelah proses flash selesai, cabut kabel data dan hidupkan HP Oppo R7s. Selamat! Sekarang HP Oppo R7s Anda sudah berhasil di-flash dan kembali seperti semula.

Kesimpulan

Proses flash HP Oppo R7s merupakan solusi praktis untuk mengatasi masalah pada sistem operasi. Namun, sebelum melakukan proses flash, pastikan Anda sudah melakukan backup data penting di HP Oppo R7s, memiliki daya baterai minimal 50%, mengunduh file firmware Oppo R7s terbaru, dan menginstal driver USB Oppo di komputer atau laptop Anda. Jika semua persiapan sudah dilakukan, langkah-langkah untuk flash HP Oppo R7s cukup mudah, yaitu masuk ke mode Download, buka aplikasi SP Flash Tool, pilih Download Only, dan tunggu sampai proses flash selesai.