Cara Flash Xiaomi Redmi S2 via EDL

Cara Flash Xiaomi Redmi S2 via EDL

Persiapan Sebelum Flashing

Sebelum melakukan proses flashing, pastikan kamu sudah melakukan backup data karena proses flashing akan menghapus semua data dari ponsel. Selanjutnya, pastikan baterai ponsel terisi penuh serta gunakan kabel USB original untuk menghubungkan ponsel dengan komputer.

Jangan lupa untuk mengunduh firmware MIUI terbaru untuk Xiaomi Redmi S2 serta bahan-bahan pendukung seperti MiFlash Tool dan Qualcomm USB Driver. Kemudian, install MiFlash Tool dan Qualcomm USB Driver pada komputer kamu dengan benar.

Terakhir, aktifkan mode pengembang dan USB Debugging pada ponsel Xiaomi Redmi S2 dengan masuk ke Pengaturan > Tentang ponsel > Tap MIUI version 7 kali hingga muncul pesan ‘You are now a developer’. Setelah itu, masuk ke Pengaturan > Opsi pengembang > Aktifkan USB Debugging.

Masuk ke Mode EDL pada Xiaomi Redmi S2

Langkah selanjutnya adalah masuk ke mode EDL pada Xiaomi Redmi S2. Matikan ponsel dan sambungkan ke komputer menggunakan kabel USB sambil menahan tombol Volume Bawah. Setelah itu, tekan dan tahan tombol Power hingga muncul logo Mi, lalu lepaskan tombol Power. Pada MiFlash Tool, ponsel Xiaomi Redmi S2 akan terdeteksi sebagai Port 9008 (QDLoader).

Jika ponsel tidak terdeteksi, coba ganti port USB atau gunakan kabel USB yang berbeda. Pastikan juga Qualcomm USB Driver sudah terinstall dengan benar pada komputer kamu.

Setelah masuk ke mode EDL, kamu bisa memulai proses flashing menggunakan MiFlash Tool. Buka MiFlash Tool dan klik pada Select untuk memilih firmware MIUI yang sudah kamu unduh sebelumnya. Kemudian, klik pada Refresh untuk membaca port USB yang digunakan. Terakhir, klik pada Flash untuk memulai proses flashing.

Kesimpulan

Dalam melakukan proses flashing Xiaomi Redmi S2 via EDL, kamu harus memperhatikan langkah-langkah dan persiapan yang diperlukan dengan teliti. Pastikan kamu sudah melakukan backup data, memperbarui firmware MIUI terbaru, dan menginstall MiFlash Tool serta Qualcomm USB Driver dengan benar pada komputer. Selain itu, jangan lupa untuk masuk ke mode EDL dengan benar sebelum memulai proses flashing.